Chemical Engineering Challenge and Competition 2022: Penuh Warna dan Persaingan!

FOTO8.JPG

FUN AND EXCITING!

Lomba tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Kimia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), yaitu Chemical Engineering Challenge and Competition (CECC) tingkat SMA sederajat se-Indonesia telah kembali dengan konsep dan isi yang sangat menyenangkan dan menarik. Total 72 tim dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia, Palembang, Padang, Samarinda, Toraja, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Malang, Surabaya dan Sidoarjo, berkompetisi secara Online dan Offline untuk memperebutkan hadiah Uang Tunai Total 10 Juta Rupiah, plakat dan Bebas Uang Sumbangan Pendidikan (USP) dan Uang Kuliah di Program Studi Teknik Kimia UKWMS selama 8 semester, senilai lebih dari 750 Juta Rupiah! Wow!

FOTO4.JPG

Digelar secara hybrid pertama kali sejak pandemi, CECC 2022 ini digelar dengan apik oleh 23 avengers dari tim Organizing Committees yang diketuai oleh Ekin Santoso Sim (mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2020). Menariknya selain berkompetisi, CECC juga memberikan pre-event yang mengedukasi dan informatif untuk para peserta yang masih SMA. Pre-event pertama diadakan pada tanggal 9 September 2022, yaitu Company Visit dimana peserta CECC diajak untuk mengunjungi pabrik Yakult secara virtual untuk mengetahui lebih dalam mengenai proses produksi pada produk minuman probiotik. Selanjutnya, ada Chem-Talk yang diadakan pada tanggal 22 Oktober 2022. Webinar sekaligus talkshow ini menghadirkan Andhika Alexander yang merupakan seorang Psikolog dan Dosen dari Fakultas Psikologi UKWMS yang membahas pencarian jati diri pada masa endemik ini, selain itu ada juga Maria Yuliana selaku Dosen Teknik Kimia UKWMS, Christian Ongkowidodo sebagai Alumni Teknik Kimia UKWMS dan seorang Praktisi yang bekerja di PT. AKR Corporindo Tbk. (salah satu perusahaan pengolah minyak bumi terbesar di Indonesia), dan kak Richky Wijaya Abadi yang juga merupakan Alumni Teknik Kimia UKWMS yang baru saja lulus tahun ini atau sering disebut fresh graduate. Pre-event terakhir, yaitu Experiment with Us dilaksanakan setelah babak penyisihan yang dilakukan secara online pada tanggal 05 November 2022. Pada pre-event ini, peserta diajarkan bagaimana membuat bath bomb dengan mudah.

Berbeda dengan tahun lalu, babak semifinal dan final tahun ini diadakan secara offline di Kampus Kalijudan UKWMS pada tanggal 12 November 2022 dan diikuti oleh 20 tim dengan skor tertinggi (red: dari babak penyisihan). Tahap semifinal terbagi menjadi 3 stages, yaitu Save Your Life, Cerdas Tepat, dan Question Market, di mana terpilih 6 grand finalist yang melanjutkan perjuangannya ke tahap Grand Final. Pada Grand Final, terdapat 3 pos Studi Kasus dan 1 pos Praktikum yang harus dikerjakan dengan durasi waktu yang terbatas, membuat kompetisi ini semakin menantang bagi para peserta.

Kompetitif!

Hal tersebut terlontar dari hampir semua juri yang bertugas pada babak Grand Final ini. Dengan perolehan nilai yang ketat, akhirnya CECC 2022 melahirkan tiga tim terbaik dari sekolah yang berbeda-beda. Juara 1 diraih oleh tim RegPac 1, Michelle Nathania dan Alexander Jason Lee dari SMA Regina Pacis Surakarta dengan perolehan score 390.7. Disusul ketat dengan perbedaan skor yang tipis, juara 2 adalah tim Petra 1, Kevin Lius Bong dan Ethan Anderson Surya Thio dari SMA Kristen Petra 1  Surabaya dengan score 390.4. Tim ChemGod, Anthony Ibrahim dan Evan Christian Juwono dari SMA Xin Zhong Surabaya berhasil meraih juara 3 dengan score 373.6. Apresiasi yang sangat besar kami berikan untuk para Juara. Selamat dan sukses!

 

Seluruh keluarga besar Teknik Kimia berharap CECC dapat meningkatkan semangat kompetisi di bidang sains, serta menimbulkan rasa ketertarikan dan keingintahuan para siswa/i SMA terhadap Teknik Kimia, terutama Teknik Kimia UKWMS yang merupakan program studi Teknik Kimia terbaik di Indonesia.

 

See you next year on CECC 2023!!