Chemical Engineering Expedition 2021 – Antusiasme Para Mahasiswa/i Tetap Mewarnai Penyelenggaraan Studi Ekskursi Online

News.png

[15/06/2021] Keseruan dari Kegiatan Chemical Engineering Expedition 2021? Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia pada Kamis-Jumat, 27-28 Mei 2021 ini memperoleh banyak perhatian dari para peserta khususnya mahasiswa/i Jurusan Teknik Kimia Reguler Angkatan 2018 dan Joint Degree Program Angkatan 2019. Sebanyak 32 peserta yang berpartisipasi sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut yang menghadirkan 4 perusahaan ternama di Indonesia.

Kegiatan CEE 2021 pada hari pertama dibuka dengan sesi oleh PT. ARAH Environmental Indonesia yang membawakan tema “Pengolahan Limbah B3”. Pada sesi tersebut turut hadir 3 perwakilan dari perusahaan tersebut, yaitu: Bapak Angga Megantoro, Ibu Dari Esturina dan Ibu Ratri Desy Mawarni. Dilanjutkan dengan sesi oleh PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk yang membawakan tema “Proses Produksi Industri Jamu Modern”. Pada sesi tersebut turut hadir 2 perwakilan dari perusahaan tersebut yaitu Ibu Mia Maharani dan Ibu Melia Asti. Hari pertama Kegiatan CEE 2021 berjalan dengan sangat baik dan peserta mampu menciptakan suasana interaktif antara peserta dan pembicara.

Hari kedua dari penyelenggaraan Kegiatan CEE 2021 berjalan dengan tidak kalah seru karena terdapat 2 perusahaan ternama yang turut berpartisipasi. Hari kedua dibuka dengan sesi oleh PT. Yakult Indonesia Persada dengan tema “Proses Produksi Minuman Probiotik”. Ibu Sinurmaya, Ibu Gusti Pratiwi dan Bapak Arbi Mirdan menjadi perwakilan dari perusahaan tersebut. Kegiatan CEE 2021 ditutup dengan sesi oleh PT. Asahimas Chemical yang membawakan tema “Integrated Petrochemical Industry” yang diwakili oleh Bapak Daniel Prasetyo, Bapak Fraidijansyah dan Bapak Rusman Zaenal Abidin dari Recruitment and Training Department PT. Asahimas Chemical.

Walaupun diadakan secara online, antusiasme dan semangat dari para peserta tidak pernah absen disepanjang perhelatan kegiatan tersebut. Dimulai dari sesi oleh pemateri hingga tanya jawab diikuti oleh para peserta dengan penuh semangat. Banyak pertanyaan-pertanyaan kritis yang dilontarkan oleh para peserta pada saat sesi tanya jawab. “Menurut saya, untuk kesan selama acara CEE 2021 ini yang diadakan secara online sudah sangat baik dan teratur. Keempat pabrik yang dipilih sebagai pemateri juga sangat relevan dalam bidang teknik kimia, dan mencakup banyak hal yang akan sangat berguna bagi lulusan untuk digunakan ditempat kerja nanti seperti Quality Control, proses produksi baik intergrated, chemical maupun biological production, dan juga mengenai pengelolahan limbah.” Ujar Carlos Marcelino S. (JTK Reguler 2018) sebagai salah satu mahasiswa yang aktif selama acara. “Mungkin untuk CEE kedepannya baik online maupun offline, lebih baik semakin sering dalam memberi pengumuman sehingga peserta tidak ada yang ketinggalan dalam info-infonya mengingat acara ini cukup penting.” pesannya.

Selain diikuti oleh mahasiswa/i, Kegiatan CEE 2021 juga dihadiri oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia UKWMS yang turut memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan tersebut. “Acara CEE berjalan dengan baik, dan pertama kali CEE dijalankan secara online, informasi yang disampaikan sangat bermanfaat sehingga bisa memberikan wawasan tambahan bagi para mahasiswa.” Kesan dari Bapak Ir. Sandy Budi Hartono, S.T., M.Phil., Ph.D., IPM., selaku Ketua Jurusan Teknik Kimia UKWMS. “Agar kegiatan dapat tetap dipertahankan dan ditingkatkan.”, tambahnya.

Seluruh rangkaian Kegiatan CEE 2021 berjalan dengan didampingi oleh Dosen Pendamping yaitu Bapak Dr. Ir. Suratno Lourentius, M.S. IPM. Menurutnya, “Penyelenggaraan kegiatan dapat berlangsung dengan lancar, para peserta dapat mengerti penjelasan dari para narasumber. Namun, belum seluruhnya dari Peserta yang memanfaatkan kesempatan bertanya. Sebelum pelaksanaan CEE hendaknya para Peserta diberi tugas mengenai proses produksi dan lain-lain, sehingga selama kunjungan bisa lebih aktif bertanya.”, pesannya.

Sekian cerita yang dapat kami bagikan mengenai Penyelenggaraan Kegiatan CEE 2021. See you on next Chemical Engineering Expedition.