Dari Fakultas Teknik Untuk Kemajuan Desa di Madiun - Engineers in Action 2022 

IMG-2284_edited.jpg

[29/09/2022] 

Engineers in Action (EIA) merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang diinisiasi oleh Fakultas Teknik – Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) dengan berkolaborasi dengan Taiwan University of Science and Technology (Taiwan Tech). Program ini telah diadakan sejak 2018 melalui upaya pengembangan desa dengan implementasi teknologi untuk mengatasi permasalahan desa. Pandemi COVID-19 menyebabkan program ini tidak dapat terlaksana di tahun 2020 dan 2021 karena adanya pembatasan aktivitas demi penanggulangan pandemi ini. Namun, pada akhirnya program ini kembali dapat dilaksanakan pada tahun 2022 dengan semangat yang baru untuk terus berdampak bagi masyarakat sekitar.

EIA 2022 diadakan di Kota Madiun dan Desa Morang, Kec. Kare, Kab. Madiun dengan melibatkan 19 mahasiswa UKWMS dan 9 mahasiswa Taiwan. Lokasi tersebut berada dekat dengan UKWMS Kampus Kota Madiun sehingga dapat menjadi lokasi kemitraan dan pembinaan dari UKWMS, terutama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Di Kota Madiun, EIA 2022 berfokus pada isu-isu lingkungan dengan mengimplementasikan dan menginstalasi alat deteksi gempa dan alat pemantauan kualitas udara. Kedua alat tersebut dipasang di lingkungan Kota Madiun untuk dapat digunakan sebagai alat prevensi terhadap berbagai isu lingkungan, seperti gempa dan pencemaran udara. Sedangkan di Desa Morang, Kec. Kare, Kab. Madiun, EIA 2022 berupaya untuk dapat mengembangkan masyarakat dalam bidang teknologi, pengetahuan, dan ekonomi terutama bagi petani porang yang menjadi fokus utama. Program ini merancangkan dan memberikan alat perajang dan pengering porang bagi masyarakat Desa Morang, terutama petani porang, untuk dapat meningkatkan nilai jual dari porang yang mana saat ini harga jual porang sedang berada pada level terendah.

Selain itu, aktivitas EIA 2022 ini memberikan pengalaman baru bagi para peserta untuk dapat bekerja sama, mengimplementasi keilmuan, berkoordinasi, beradaptasi, dan bersosialisasi dengan berbagai pihak dalam beragam kondisi yang dihadapi. EIA 2022 memotivasi peserta untuk dapat mengembangkan diri mereka dengan berbagai kegiatan di dalamnya. Kedepannya, program ini diharapkan dapat terus dilanjutkan untuk dapat terus memfasilitasi mahasiswa dalam program pengabdian kepada masyarakat sehingga terwujud daerah yang mandiri dan maju dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Berbagai rencana kegiatan lanjutan telah dalam tahapan diskusi dengan masyarakat dan pemerintah Desa Morang untuk dapat ditindaklanjuti kedepannya dalam berbagai program di Fakultas Teknik UKWMS.