Latih Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah, HMJ-TK sukses menyelenggarakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah 2021

karyatulis2.png

[30/10/2021] 

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia (HMJ-TK) yang bertujuan melatih skill mahasiswa jurusan Teknik Kimia dalam memaparkan hasil penelitian maupun pengkajian yang dilakukan oleh seseorang ataupun dalam tim dan juga untuk menghasilkan karya tulis ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi. Mengingat pentingnya acara ini, HMJ-TK mengadakan acara ini dengan seksama untuk memberikan hasil yang maksimal.

 

Kegiatan ini telah terlaksana pada hari Jumat, 01 Oktober 2021 melalui  Zoom Video Conference dan telah diikuti oleh mahasiswa/i Jurusan Teknik Kimia UKWMS angkatan 2019,2020, dan juga 2021. Dengan merealisasikan pelatihan karya tulis ilmiah kali ini, HMJ-TK dapat memfasilitasi pembelajaran untuk mahasiwa/i dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Hal ini tentunya dapat meningkatkan antusisme para mahasiswa dalam penumbuhan ide, proses maupun sistematika penulisan karya tulis ilmiah, dan juga cara penyampaian karya tulis ilmiah kepada publik.

Antusiasme mahasiswa peserta pelatihan ini terlihat dari banyaknya mahasiswa/i yang aktif bertanya selama acara dengan durasi pelatihan yang berlangsung hingga 2 jam 20 menit. Acara ini dimulai dengan adanya heregistrasi awal, pre-test, doa pembuka, pembacaan peraturan, dokumentasi, dan sambutan dari Ketua Pelaksana Kegiatan yaitu Rinda Wardhani. Sebelum memasuki sesi materi, peserta mengisi pre-test yang telah disediakan oleh panitia selama 15 menit untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa mengenai karya tulis ilmiah. Selanjutnya, sesi materi diisi oleh fasilitator yang telah diundang, yaitu Andreas, S.T, yang merupakan salah satu alumni terbaik Jurusan Teknik Kimia UKWMS. Setelah materi selesai disampaikan, sesi tanya jawab antara fasilitator dan mahasiswa/i dibuka, untuk kemudian dilanjutkan dengan games. Tidak lupa panitia membagikan heregistrasi akhir bersama post-test kepada mahasiswa/i untuk mengukur kemampuan peserta secara kualitatif dalam penyusunan karya tulis ilmiah.

karyatulis3.png