Mengolah data untuk skripsi dan daftar pustaka dengan lebih teratur via Pelatihan Sigmaplot dan Endnote yang diadakan HMJ-TK

aa.png

[23/11/2021]

 

Pelatihan Software SigmaPlot dan EndNote adalah salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia (HMJ-TK), yang diselenggarakan demi membantu mempersiapkan para mahasiswa/i jurusan Teknik Kimia dalam menyelesaikan tugas akhir mereka. Untuk kegiatan kali ini, HMJ-TK memfokuskan pelatihan dalam menggunakan software pengolah data dan grafik yaitu SigmaPlot, dan software pembantu manajemen referensi, yaitu EndNote. Kedua hal ini tentunya sangatlah membantu dalam proses menciptakan skripsi yang layak, sehingga kegiatan pelatihan kali ini diwajibkan bagi mahasiswa/i jurusan Teknik Kimia UWKMS angkatan 2019. Kegiatan ini juga terbuka bagi peserta lain yang ingin menambah wawasan mereka.

 

Kegiatan pelatihan telah diselenggarakan pada hari Kamis, 11 November 2021 melalui platform Zoom Video Conference. Kegiatan dimulai pada pukul 18.00 WIB. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan sesi heregistrasi awal serta pretest, yang berlangsung selama 10 menit guna mengukur pengetahuan para peserta. Acara kemudian dilanjutkan dengan doa pembuka, dokumentasi, serta kata sambutan dari Ketua Pelaksana Kegiatan, Kezia Gracia Kristine Erary. Untuk mengisi sesi materi, HMJ-TK mengundang seorang fasilitator yaitu Yanita Devi, S.T, yang juga merupakan salah satu alumni Jurusan Teknik Kimia UKWMS. Sesi materi pertama dimulai pada pukul 18.25 WIB. Fasilitator menjelaskan mengenai cara menggunakan SigmaPlot serta melakukan praktik secara langsung bersama para peserta. Di sesi yang sama, peserta juga berkontribusi secara aktif dengan mendengarkan materi, bertanya, serta menunjukkan hasil kerja mereka. Fasilitator juga memberikan solusi untuk mengatasi error, serta tips & trick untuk menggunakan software dengan lebih cepat dan efisien. Mengingat materi yang diberikan cukup banyak, panitia memberikan waktu istirahat kepada para peserta selama 10 menit pada pertengahan sesi, dan kemudian acara dilanjutkan kembali.

 

Sesi materi pertama selesai pada pukul 20.00 WIB, dan dilanjutkan dengan sesi materi yang kedua, yaitu Pelatihan EndNote. Dalam sesi ini, fasilitator mengajarkan cara menggunakan EndNote dengan runtut dan jelas, mulai dari menghubungkan EndNote menuju ke Microsoft Word, import file, hingga mengkonversi EndNote menjadi plain text. Sesi materi juga diikuti dengan tanya jawab antara fasilitator dengan peserta, untuk memperdalam wawasan, serta membuat mereka lebih memahami software-software tersebut. Pada akhir acara, panitia membagikan link heregistrasi akhir, beserta detail post test yang harus diselesaikan oleh para peserta demi mengukur kemampuan mereka setelah mendapatkan materi dari pelatihan. Acara kemudian diakhiri dengan doa penutup serta ucapan terima kasih atas partisipasi setiap pihak sehingga kegiatan Pelatihan Software SigmaPlot dan EndNote dapat terlaksana dengan baik.

sigma01.jpeg