Proficiat! Mengubah Eceng Gondok Menjadi Masker, Mahasiswa Teknik Kimia UKWMS menjadi TOP 5 Chemical Engineering Entrepreneurship Festival 2022

IMG_9638.HEIC

[04/11/2022] 

Tiga mahasiswa dari Program Studi Teknik Kimia UKWMS, Anastasia Karina Kusuma, Rinda Wardhani, dan Anastasia Renitha, telah berhasil menyabet TOP 5 pada kompetisi Chemical Engineering Entrepreneurship Festival (CHEEF) 2022 yang diadakan oleh Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia Daerah 3 (BKKMTKI-D3). Membawakan topik "Serat Selulosa Dari Limbah Eceng Gondok Untuk Alternatif Bahan Filter Masker Medis", ketiga mahasiswa diumumkan sebagai finalis dengan PROPOSAL TERBAIK dan berhak melanjutkan presentasi babak final di Yogyakarta untuk bersaing dengan berbagai perguruan tinggi negeri, seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan lainnya.

Tidak hanya berhasil mendapatkan prestasi, berbagai pengalaman juga telah didapatkan oleh mahasiswa, "Selama presentasi kami melihat banyak sekali ide-ide baru yang menarik dan kreatif dari teman-teman lainnya. Selain berkompetisi, kami juga menjalin relasi dan mendapatkan teman baru dari universitas lain, salah satunya ada teman-teman dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Kami juga menyempatkan waktu kosong kami untuk berjalan dan berkeliling kota istimewa tersebut, dan tentu saja kita juga berkuliner disana. Disana kita mencoba gudeg, ayam geprek, dan juga nasi kucing yang terkenal murah.", ujar Anastasia. "Walaupun tidak berhasil meraih juara, kami berhasil mendapatkan pengalaman baru dan bertemu banyak orang-orang hebat di luar sana. Kami merasa sangat bersyukur karena dapat mengikuti kegiatan ini dan menjadi TOP 5.", tambah Karina. 

Dr. Christian Julius Wijaya, sebagai dosen pendamping juga menambahkan bahwa "Topik yang diinovasikan oleh ketiga mahasiswa ini juga membuka peluang kerja sama penelitian dan industri baik bagi mahasiswa dan universitas". Hal ini terbukti dari kesempatan, tawaran dan relasi yang diperoleh mahasiswa dengan pihak industri untuk pengembangan diri mereka. 

Sekali lagi, selamat kepada ketiga mahasiswa!