top of page

We Reach Out 2022: Pelatihan Chrome Batch II dan Pelatihan Cita Hati 2023 - Ilmu dan Pengalaman Pasti Dapat!

IMG_20230107_103048.jpg

[25/01/2023] 

Pelatihan tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Kimia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang bekerja sama dengan William Hendrawinata Academic Advisor yaitu pelatihan Chrome (Chemistry Exploration through Laboratory Experiment). Pelatihan Chrome ini telah dibuka dari tahun lalu tepatnya di batch I dan tahun ini dibuka kembali dengan batch II. Kembalinya pelatihan Chrome pada batch II ini pastinya mengusung konsep dan isi acara yang sangat menarik dan menyenangkan. Total ada 30 anak dari berbagai SMA di Surabaya mendapat kesempatan untuk melatih softskill maupun hardskill mereka dalam pelatihan Chrome Batch II ini. 

Batch I dan batch II pelatihan Chrome ini telah diselenggarakan secara offline, Pelatihan Chrome Batch II ini dilaksanakan dengan seseru mungkin oleh 8 trainers dari Tim Mahasiswa Pendamping serta beberapa dosen pendamping yang membantu. Menariknya selain mengikuti pelatihan Chrome pada batch II ini, para trainers serta dosen pendamping juga memberikan sesi mini games yang membuat anak-anak SMA ini lebih mengenal satu sama lain dan menyegarkan pikiran mereka setelah penatnya bereksperimen di laboratorium. 

Berbeda dengan tahun lalu, di mana pada batch I, siswa bereksperimen menganalisis kadar vitamin C pada beberapa sampel minuman, pada batch II ini mereka membuat bath bomb dan hand sanitizer, serta menganalisa break event point (titik impas) pada kedua produk yang mereka buat, sehingga siswa ber-role playing menjadi pemilik usaha untuk kedua produk tersebut dan menjualnya dengan harga yang mereka tentukan sendiri. Hal ini mendorong siswa untuk belajar menjadi seorang technopreneur. Tidak hanya bereksperimen saja, siswa juga melatih kepercayaan diri dan public speaking dalam sesi presentasi. Di sesi inilah, critical thingking maupun ide kreatif mereka diuji, tetapi masih dikemas semenyenangkan mungkin oleh para trainers dan dosen pendamping sehingga banyak dari mereka yang menanggapi presentasi di depan umum bukanlah hal yang menakutkan. 

Seru dan Interaktif!


Hal tersebut terlontar dari hampir semua anak SMA yang mengikuti kegiatan pelatihan CHROME pada batch II ini serta Ko William dari William Hendrawinata Academic Advisor menanggapi pelatihan CHROME pada batch II ini adalah langkah yang harus mereka kenal, tidak hanya pandai dalam membuat produk tetapi harus memahami bagaimana mendapatkan titik impas dari produk yang dibuat sehingga dapat mengerti harga jual dan keuntungan yang didapat. 

Pelatihan dengan SMA Cita Hati Surabaya juga telah diselenggarakan pada tanggal 12 Januari 2023. Pada pelatihan ini, mereka sudah mempunyai projek sendiri dalam beberapa bidang, seperti Kimia, Fisika, Biologi, serta IT. Dalam sesi pelatihan, siswa didampingi oleh 5 trainers dari Tim Mahasiswa Pendamping serta beberapa dosen dan asisten laboratorium untuk membantu projek para siswa/i ini. 

Seluruh keluarga besar Teknik Kimia berharap Pelatihan Chrome serta pelatihan-pelatihan yang bekerja sama dengan sekolah seperti SMA Cita Hati Surabaya ini dapat meningkatkan semangat eksperimen di bidang sains, di mana tidak hanya ilmu saja yang didapatkan, melainkan pengalaman seru bersama teman-teman baru dan para kakak serta dosen. Hal ini diharapkan  dapat menimbulkan rasa ketertarikan dan keingintahuan para siswa/i SMA terhadap Teknik Kimia, terutama Teknik Kimia UKWMS yang merupakan Program Studi Teknik Kimia terbaik di Indonesia.

Stay tuned for our next We Reach Out event!

bottom of page