Latih mahasiswa untuk mengerjakan tugas akhir atau merancang alat 3D, HMJ-TK sukses mengadakan Pelatihan AUTOCAD 2021

autcad21_poster2.jpeg

[13/10/2021]

Pelatihan Software AutoCAD merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia (HMJ-TK) yang bertujuan melatih skill mahasiswa jurusan Teknik Kimia dalam mendesain dan menggambar desain proses serta layout pabrik.

 

Kegiatan ini telah terlaksana pada hari Kamis, 23 September 2021 melalui  Zoom Video Conference dan telah diikuti oleh mahasiswa/i Jurusan Teknik Kimia UKWMS angkatan 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sarana belajar untuk mahasiwa/i angkatan 2019 dalam penyusun Tugas Akhir Pra-rencana Pabrik yang sebentar lagi akan mereka jalani.

Antusiasme mahasiswa peserta pelatihan ini terlihat dari durasi pelatihan yang berlangsung hingga 3 jam 40 menit. Acara ini dimulai dengan adanya re-registrasi, doa, dan sambutan dari Ketua Pelaksana Kegiatan yaitu Jenifer Tiffany. Sebelum memasuki sesi materi, peserta diwajibkan mengisi pre-test yang telah disediakan oleh panitia selama 15 menit untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa dalam program ini. Selanjutnya, sesi materi diisi oleh fasilitator yang telah diundang, yaitu Marvel Wijanarko, mahasiswa Jurusan Teknik Kimia UKWMS angkatan 2018. Setelah materi selesai disampaikan, panitia kembali membagikan post-test kepada peserta untuk mengukur kemampuan peserta secara kualitatif dalam menggunakan software AutoCAD. Kegiatan ini ditutup dengan doa penutup dan dilanjutkan dengan re-registrasi akhir.

Kegiatan ini dikemas dengan baik oleh panitia sehingga dapat berlangsung dengan lancar dan diikuti dengan semangat komitmen dan antusias dari peserta. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, kegiatan ini telah mencapai target kualitatif bahwa tujuh puluh lima persen mahasiswa/i dapat memahami konsep dasar penggunaan dan menyadari manfaat dari software AutoCAD, khususnya dalam mendesain proses produksi.

 

autocad-post.png
autocad-post1.png