top of page

Pendidikan Agama-REL100

Semester

SKS

3

2

Tentang Matakuliah ini

Matakuliah Prasyarat

N/A

Matakuliah Kosyarat

N/A

Deskripsi Matakuliah

Mata kuliah ini mempelajari pengenalan akan Tuhan yang bertitik tolak dari keberadaan manusia konkrit yang diteguhkan melalui agama sebagai sarana mengenal Tuhan lebih dalam, serta perwujudan sikap inklusif dalam mengusahakan tata kehidupan yang diwarnai sikap toleran, rukun, dan dialogis.

Capaian Pembelajaran

Memahami konsep keTuhanan dan manusia dalam perspektif agama, serta mewujudkannya dalam hubungan masyarakat, budaya, ekonomi dan ilmu pengetahuan

Topik Bahasan

1. Manusia Mengenal Yang Transenden
a. Keterbatasan manusia
b. Manusia mempunyai pengalaman religius
c. Manusia mempunyai suara hati
d. Manusia mempunyai kehendak bebas
e. Manusia mampu berpikir
2. Agama sebagai sarana mengenal Tuhan
a. Unsur-unsur pokok dalam agama
b. Perlunya iman dan taqwa dalam hidup beragama
c. Fungsi agama bagi hidup orang beriman
d. Motivasi memeluk agama
3. Tantangan-tantangan dalam hidup Beragama
a. Kebebasan beragama
b. Pergaulan bebas, korupsi, ketidakadilan sosial, kemiskinan dan penderitaan
c. Pengaruh tahyul, isme-isme, ilmu pengetahuan
4. Insan Religius yang mewujudkan iman:
a. Toleransi
b. Kerukunan
c. Dialog

Sumber Pustaka

1. Ismartono, SJ, I. 1993. Kuliah Agama Katolik Di Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Obor.
2. Leahy, Louis. 1994. Filsafat Ketuhanan Kontemporer. Yogyakarta: Kanisius & BPK Gunung Mulia
3. Sugiarto. I. Bambang. 1992. Agama Menghadapi Jaman. Jakarta: APTIK.
4. Tim Dosen MKU. 2008. Diktat Kuliah Pendidikan Agama. Untuk Kalangan Sendiri (tidak diterbitkan).

bottom of page