top of page

PANDUAN KERJA DI LABORATORIUM

1. SEBELUM MEMULAI AKTIVITAS DI LABORATORIUM

Langkah 1: Cek kosyarat dan prasyarat MK yang dibutuhkan untuk pengajuan Skripsi sebelum Anda memulai pendaftaran, atau hubungi dosen PA masing-masing untuk konsultasi. Peserta skripsi terdiri dari 1 hingga maksimal 2 orang dalam 1 kelompok.

Langkah 2: Mahasiswa memilih judul/topik skripsi sesuai dengan bidang minatnya. Dapat ditanyakan & dikonfirmasi ke dosen pembimbing yang dituju masing-masing.

Langkah 3: Mengikuti sosialisasi dan arahan sebelum pelaksanaan skripsi yang diadakan oleh PS. Berkas penelitian yang harus dibawa saat sosialisasi dapat diunduh DISINI.

Langkah 4: Lengkapi Risk Assessment dan konfirmasi ke pembimbing. Upload form yang telah dilengkapi:

  • Form risk assessment dilengkapi dengan MSDS

UPLOAD RISK ASSESSMENT DISINI

Langkah 5: Serahkan form LOG PENGAMBILAN BAHAN KIMIA dan LOG PEMINJAMAN ALAT GELAS ke laboran terkait.​

Langkah 6: Setelah semua berkas beres silakan konsultasikan dengan pembimbing untuk memulai percobaan.

2. SAAT BEKERJA DI LABORATORIUM

Langkah 1: Pastikan Anda menggunakan pakaian yang sesuai dengan standar untuk meminimalkan risiko kecelakaan di lab. Pahami Risk Assessment yang telah Anda buat sebagai pedoman penanganan setiap bahan, produk, dan limbah penelitian.

Langkah 2: Praktikum dilakukan pada jam operasional laboran/kepala laboratorium yang dapat Anda mintai tolong jika ada hal yang tidak diinginkan. Kecuali dalam keadaaan khusus.

Langkah 3: Perhatikan panduan dan instruksi penggunaan setiap alat dan instrumen supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Mintalah bantuan laboran jika Anda tidak mengerti cara penggunaan alat tertentu.

Langkah 4: Isi form penggunaan alat untuk alat-alat tertentu sebelum dapat menggunakan alat.

3. SELESAI/MENGAKHIRI KEGIATAN LABORATORIUM

Langkah 1: Pastikan tidak ada tunggakan bahan kimia dan alat gelas. Kembalikan semua alat yang dipinjam dan bersihkan loker kerja. Lengkapi checklist FORM KONFIRMASI (ada pada berkas penelitian yang diunduh saat awal).

Langkah 2: Kumpulkan hard copy Berkas Penelitian (Log Pengambilan Bahan Kimia, Log Peminjaman Alat Gelas, Form Konfirmasi, Logbook Penelitian) ke PS untuk mendapatkan persetujuan pengajuan sidang akhir.

PANDUAN SIDANG

1. SIDANG PROPOSAL SKRIPSI

Note: Sidang proposal dilakukan 1 semester sebelum matakuliah Skripsi diprogram. Pengisian semua form cukup dilakukan oleh salah satu perwakilan kelompok. Silakan lihat "Tanggal Penting" untuk periode pendaftarannya.

Langkah 1: Menyusun proposal skripsi sesuai dengan topik yang dipilih. Silakan melakukan pembimbingan dengan dosen pembimbing selama penyusunannya. Mahasiswa sangat disarankan sedang mengambil MK Metodologi Penelitian saat melakukan penyusunan proposal skripsi. Berikut template proposal (klik disini).

Langkah 2: Mahasiswa telah mengikuti sosialiasi skripsi oleh PS dan melengkapi Risk Assessment.

Langkah 3: Setelah proposal selesai disusun dan disetujui untuk diseminarkan oleh pembimbing peserta dapat mengajukan permohonan pengadaan sidang proposal dengan mengisi google form berikut:

REGISTRASI SIDANG PROPOSAL

Langkah 4: Peserta melakukan sidang sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Peserta yang tidak lolos dapat mengajukan sidang proposal ulang  atau penggantian judul.

 

2. PELAKSANAAN SKRIPSI & PROGRESS REPORT

Langkah 1: Lakukan pemrograman MK Skripsi saat periode KRS online.

Langkah 2: Peserta melaksanakan penelitian untuk skripsi dengan bimbingan dari dosen pembimbing 1 dan 2. Selama pelaksanaan dan pembimbingan lakukan pengisian kartu bimbingan (SILAKAN MINTA KE TU). Perhatikan PANDUAN KERJA DI LABORATORIUM.

Langkah 3: Saat tengah semester (menjelang UTS), peserta diWAJIBkan melakukan progress report. Template progress pada dasarnya sama dengan proposal, namun sudah ada hasil penelitian yang disajikan (50 - 70% data sudah disajikan).

Langkah 4: Lakukan pengajuan sidang progress report, paling lambat 3 bulan sebelum melakukan sidang akhir, lihat periodenya. Pendaftaran dapat dilakukan melalui google form berikut:

REGISTRASI SIDANG PROGRESS

Langkah 5: Jika dinyatakan lolos silakan melanjutkan proses skripsi dengan batas akhir adalah UAS pada semester tersebut (atau lihat periodenya pada tanggal penting). Jika tidak lolos peserta harus mengajukan sidang progress report ulang.

 

3. SIDANG AKHIR SKRIPSI

Langkah 1: Peserta menyusun laporan akhir, template tetap sama seperti proposal dan progress, namun hasil penelitian telah disajikan seluruhnya. Note: Lembar persetujuan sidang harus dibuat baru.

Langkah 2: Peserta yang sudah menyelesaikan penelitian skripsi dan menyelesaikan penyusunan laporan (dan sudah disetujui pembimbing). Peserta sudah membereskan semua Berkas Penelitian yang wajib diisi dan tidak memiliki tunggakan apapun. Jika sudah mendapatkan persetujuan maju sidang dari PS silakan daftar melalui google form berikut:

REGISTRASI SIDANG AKHIR

Langkah 3: Peserta melakukan sidang sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Peserta yang tidak lolos dapat mengajukan sidang ulang atau penggantian judul.

Langkah 4: Lakukan revisi laporan sesuai dengan saran pembimbing/penguji dengan batas waktu sesuai yang ditentukan Program Studi masing-masing. Lihat template laporan akhir yang sudah fix (dapat digunakan setelah Anda lulus sidang) KLIK DISINI UNTUK TEMPLATE.

4. SUBMISSION FILE AKHIR

Langkah 1: Upload laporan akhir yang sudah direvisi dan ditandatangani lengkap.

UPLOAD LAPORAN FINAL (FIXED)

Berikut kode singkatan nama dosen:

Dra. Adriana Anteng Anggorowati, M.Si. (NIK. 521.86.0124), Kode: AAA

Dr. Ir. Suratno Lourentius, M.S., IPM. (NIK. 521.87.0127), Kode: SL

Ir. Setiyadi, M.T., IPM. (NIK. 521.88.0137), Kode: S

Prof. Ir. Suryadi Ismadji, M.T., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. (NIK. 521.93.0198), Kode: SI

Ir. Herman, S.T., M.T. (NIK. 521.95.0221), Kode: HH

Ir. Wenny Irawaty, S.T., M.T., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. (NIK. 521.97.0284), Kode: WI

Ir. Ery Susiany Retnoningtyas, S.T., M.T., Ph.D., IPM. (NIK. 521.98.0348), Kode: ESR

Prof. Ir. Felycia Edi Soetaredjo, S.T., M.Phil. Ph.D., IPU., ASEAN Eng. (NIK. 521.99.0391), Kode: FES

Ir. Sandy Budi Hartono, S.T., M.Phil. Ph.D., IPM. (NIK. 521.99.0401), Kode:SBH

Ir. Aning Ayucitra, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. (NIK. 521.03.0563), Kode: AA

Ir. Shella Permatasari Santoso, S.T., Ph.D., IPM. (NIK. 521.17.0971), Kode: SPS

Ir. Maria Yuliana, S.T., Ph.D., IPM. (NIK. 521.18.1010), Kode: MY

Dr. Ir. Christian Julius Wijaya, S.T., M.T., IPP. (NIK. 521.17.0948), Kode: CJ

Ir. Jindrayani Nyoo Putro, S.T., Ph.D., IPM. (NIK. 521.20.1227), Kode: JNP

Ir. Jenni Lie, S.T., Ph.D., IPP. (NIK. 521.17.0949), Kode: JL

Ir. Nathania Puspitasari, S.T., Ph.D., IPP. (NIK. 521.17.0952), Kode: NP

Ir. Chintya Gunarto, S.T., Ph.D., IPP. (NIK. 521.17.0947), Kode: CG

Wiyanti Fransisca Simanullan, S.Si., M.Eng., Ph.D. (NIK. 521.21.1265), Kode: WFS

Yusak Hartanto, Ph.D., Kode: YH

bottom of page