top of page

Jessica Gotama, mahasiswa Teknik Kimia UKWMS meraih Juara 2 dalam Lomba Inovasi Sustainable Development Goals di Pendidikan Karya 2024 oleh IPB University

jessica.jpg

BERPRESTASI KEMBALI!

Program Studi Teknik Kimia UKWMS kembali meraih prestasi melalui mahasiswanya, kali ini pada lomba Inovasi Sustainable Development Goals (SDG) di Kompetisi Pendidikan Karya 2024 yang diadakan oleh IPB University. Mengusung topik "PRODUKSI ENZIM LAKASE SEBAGAI AGEN BIOREMEDIASI AIR MENGGUNAKAN LIMBAH AMPAS KOPI SEBAGAI SUBSTRAT PADA METODE FERMENTASI SUBSTRAT PADAT", Jessica Gotama - mahasiswa semester 4 PSTK UKWMS berhasil meraih Juara 2 pada ajang ini. 

Lomba ini sendiri diawali dengan kompetisi abstrak yang mana Jessica berhasil masuk ke dalam 15 besar, bersama dengan beberapa peserta dari universitas terbaik di Indonesia, seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Siliwangi, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Jember, Universitas 17 Agustus Surabaya, dan tuan rumah yaitu IPB University. Perjalanan Jessica ternyata berlanjut hingga final di mana para peserta diminta untuk membuat laporan lengkap terkait topik yang diajukan dan bagaimana pengaruhnya terhadap SDG.

Dibimbing oleh salah satu dosen berprestasi di PSTK UKWMS yaitu Ir. Ery Susiany Retnoningtyas, S.T., M.T., Ph.D., IPM., Jessica berhasil menyelesaikan inovasinya menggunakan limbah ampas kopi untuk produksi enzim lakase yang bermanfaat bagi bioremediasi air. Konsep "Waste to Treat Waste" menawarkan adanya sirkularitas proses yang tentunya sangat mendukung keberlanjutan yang digaungkan dalam SDG ini. 

Raihan prestasi ini tentunya tidak lepas dari usaha keras Jessica Gotama, yang juga merupakan salah satu mahasiswa terbaik di angkatannya. "Keinginan Jessica untuk mengikuti kompetisi sangatlah tinggi, dan saya sebagai dosen pembimbing hanya memberikan dukungan dalam bentuk pengarahan terhadap pelaksanaan dan penulisan inovasi. Saya sangat bangga melihat Jessica dapat menjadi Juara pada lomba ini, berkat kerja kerasnya", jelas Ery.

Selamat dan teruslah berkaya!

bottom of page